Julen Lopetegui Resmi Jadi Pelatih Baru Real Madrid

Julen Lopetegui Resmi Jadi Pelatih Baru Real Madrid

Berita mengenai hengkangnya Zinedine Zidane sebagai pelatih Madrid sudah lama terdengar dan kali ini rupanya pihak manajemen Los Blancos telah mengumumkan secara resmi pelatih baru mereka yang akan menggantikan Zidane. Pelatih baru yang dimaksud ialah Julen Lopetegui. Berita ini diumumkan oleh Real Madrid pada hari Selasa (12/6/2018) kemarin. Sebenarnya kabar mengenai Lopetegui ini cukup mengejutkan media, apalagi namanya tak begitu gencar disebut-sebut akan menggantikan Zidane. Sebelumnya banyak yang mengaitkan Madrid dengan Joachim Low bahkan Arsene Wenger yang digadang-gadang bisa menjadi pelatih baru.

Namun Madrid berkata lain, nampaknya pihak mereka begitu percaya diri akan pengalaman dan prestasi Lopetegui. Pelatih berusia 51 tahun itu saat ini juga tengah fokus mengasuh Spanyol di Piala Dunia 2018. Lopetegui sendiri dikontrak selama tiga musim atau 3 tahun oleh Madrid dan rencananya dia akan mulai melatih Real Madrid usai Piala Dunia digelar.

Sudah familiar dengan Real Madrid
Julen Lopetegui dikatakan sebagai pelatih baru yang ideal bagi Madrid sebab ia sudah tak asing lagi dengan klub yang bermarkas di Camp Nou itu. Pasalnya saat dia masih aktif sebagai pemain bola, Lopetegui juga pernah memperkuat tim putih tersebut.

Walau namanya mungkin tak begitu dikenal, tapi dia telah lama bermain di Madrid Castilla dari tahun 1988-1991. Dia juga pernah bermain di skuat utama Madrid, namun hanya sebagai pemain cadangan. Lalu pada tahun 2008-2009, Lopetegui pernah menjadi pelatih di Madrid Castilla.

Namanya pun baru menjadi perhatian publik saat dia melatih FC Porto selama 2 musim dari tahun 2014-2016. Dia dinilai sukses melatih tim Portugis itu meski tak mendapatkan gelar juara. Namun ia tetap mampu memperkuat klub Porto dengan banyak pemain muda.
Kemudian di tahun 2016, Lopetegui direkrut sebagai pelatih utama tim nasional Spanyol. Dan itulah sebabnya saat ini dia tengah berfokus menghadapi Piala Dunia 2018 di Rusia. Karier Lopetegui sebagai pelatih sebetulnya sudah amat panjang. Sebelum melatih timnas utama Spanyol, dia juga didapuk melatih timnas U-19 dan U-21. Alvaro Morata, Isco dan David de Gea merupakan nama-nama pemain yang ikut dia terbitkan dari tim U-21.

Prestasinya juga gemilang ketika melatih timnas U-19 sebab dia sukses membawa tim tersebut menjuarai Euro 2012. Dan hanya berselang satu tahun, giliran U-21 yang mereka bawa menjadi Raja Eropa.

Ini 4 tugas pertama Julen Lopetegui ketika nanti melatih Madrid
Di musim pertamanya melatih Real Madrid ini, Julen Lopetegui sudah harus menghadapi berbagai macam tugas sulit. Bisa dikatakan keputusan yang akan dia ambil sebagai pelatih tidaklah mudah. Beberapa diantaranya yaitu:
Memastikan masa depan Christiano Ronaldo, Bale dan pemain kunci lainnya. Seperti yang sudah santer terdengar jika dua bintang Madrid, Ronaldo dan Bale telah menyuarakan keinginan mereka untuk hengkang dari Los Blancos. Mendatangkan kiper kelas dunia dan penjaga gawang Spanyol, David de Gea juga telah lama dikaitkan akan diboyong oleh Madrid.

Menganalisis kekuatan dan kelemahan tim dan bergerak di bursa transfer musim ini demi mendapatkan pemain baru yang bisa memperkuat tim Real Madrid. Meski mereka jadi juara bertahan di Liga Champions, namun tim ini masih memiliki beberapa kelemahan khususnya di liga domestik dan ada beberapa pemain bermasalah di musim lalu seperti Karim Benzema dan kiper Keylor Navas.
Membangun dan mengembangkan para pemain muda untuk jadi bintang Madrid. Lopetegui juga punya pengalaman mengasuh para pemain muda di timnas Spanyol.
Itu tadi beberapa tugas pertama yang mungkin harus dilakukan oleh Julen Lopetegui saat ia resmi mengemban fungsinya sebagai pelatih baru Madrid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *