Final Liga Europa: Atletico Madrid Kalahkan Marseille 3-0

Atletico Madrid akhirnya dapat memperoleh gelar juara Liga Europa setelah berhasil mengalahkan Marseille dengan skor akhir 3-0. Pertandingan final ini berlangsung di Groupama Stadium, Lyon pada Kamis (17/5/2018) dini hari WIB. Antoine Griezmann menjadi pemain kunci yang memberikan kemenangan bagi timnya dengan memborong 2 gol sekaligus. Gol pertama sukses ia cetak di babak pertama, sedangkan gol kedua diberikan saat babak kedua. Sementara gol yang ketiga dilakukan oleh Gabi di menit-menit terakhir sebelum laga akan berakhir.

Jalannya pertandingan berlangsung seru
Seperti yang sudah dapat ditebak, dari menit pertama laga berjalan, pertandingan sudah berlangsung seru. Di menit ke-4, Marseille nampak memimpin jalannya pertandingan bahkan mendapatkan kesempatan emas untuk mencetak gol. Sayangnya peluang tersebut belum dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh Valere Germain yang kurang mengenai sasaran. Berlanjut di menit ke-15, kali ini giliran bek Adil Rami yang mendapatkan peluang, namun tendangan yang diluncurkannya masih melebar dari gawang lawan. Tidak disangka-sangka, ketika memasuki menit ke-21, justru Atletico yang unggul terlebih dahulu berkat kesalahan yang dilakukan oleh Andre Zambo Anguissa yang gagal dalam menerima umpan dari Steve Mandanda.

Kesalahan yang terjadi pun langsung dengan gesit diambil Gabi untuk mengirimkan umpan mantap ke arah Griezmann yang saat itu sedang ada dalam posisi bebas. Seketika itu juga, sang bintang mencetak gol pertama bagi Los Colchoneros setelah sebelumnya mengecoh Mandanda. Tidak berhenti sampai di situ, di menit ke-31 terjadi drama dimana pemain Marseille, Dimitri Payet terpaksa keluar dari lapangan dan digantikan oleh Maxime Lopez akibat cedera hamstring. Kehilangan Payet, jelas hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pihak Atletico. Mereka makin mendominasi pertandingan. Atletico mendapat kesempatan untuk memperbesar keunggulan skor melalui Diego Godin yang sayang gagal dalam meneruskan usaha dari Koke karena bola masih melambung dari sasaran. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 hingga istirahat turun minum.

Memasuki babak kedua, Sime Vrsaljko nampak digantikan oleh Juanfran. Lalu hanya tiga menit setelah masuk babak ini, Atletico langsung mendapatkan gol kembali dan menggandakan skor menjadi 2-0. Griezmann berhasil mencetak gol setelah memanfaatkan assist dari Koke. Ingin memberikan serangan balik, Rudi Garcia pun berusaha meningkatkan efektivitas performa timnya dengan mengganti posisi Lucas Ocampos dan menaruh Clinton Njie.

Di menit ke-81, Kostas Mitroglou seharusnya dapat memperoleh skor bagi Marseille dan memperkecil keunggulan tim lawan. Akan tetapi, sundulan yang dilakukan malah menyentuh tiang gawang Oblak.
Di menit ke-89, Gabi pun memberikan skor kemenangan tambahan bagi Atletico. Gelandang asal Spanyol tersebut menjebol gawang musuh dengan tembakan keras yang tidak bisa dihadang oleh Mandanda. Akhirnya, laga pun usai dengan kemenangan telak Atletico setelah unggul skor 3-0. Memang sejak pertandingan pertama, Atletico Madrid memperlihatkan performa yang baik. Kemenangan dari tim asuhan Diego Simeone tersebut menambah daftar panjang gelar juara Liga Europa yang sudah pernah diraih timnya.

Pada tahun 2010 dan 2012, Atletico Madrid menjuarai Liga Europa setelah mengalahkan Fulham 2-1 dan Athletic Bilbao 3-0. Untuk liga Europa musim ini, gol terbanyak berhasil disumbangkan oleh Griezmann dengan 4 gol.

Susunan pemain Atletico Madrid vs Marseille :
Atletico Madrid: Griezmann (Torres 90′), Godin, Oblak, Gimenez, Gabi, Vrsaljko (Juanfran 46′), Lucas, Saul, Correa (Thomas 88′), Koke
Marseille: Luiz Gustavo, Sarr, Mandanda, Rami, Amavi; Anguissa, Sanson,; Payet (Lopez 32′), Thauvin, Germain (Mitroglou 74′), Ocampos (Njie 55′)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *